S I L A M
Sistem Informasi & Layanan Mahasiswa
Politeknik Negeri Batam
Tentang Pelayanan

Frequently Asked Questions (FAQ)

Jadwal Pembukaan Beasiswa PPA
Dapat dilihat di website: https://beasiswa.polibatam.ac.id/ Instagram: @polibatamofficial Facebook: Politeknik Negeri Batam
Pengumuman penerimaan beasiswa
Dapat dilihat di website: - Learning mahasiswa https://learning.polibatam.ac.id/ - Website https://beasiswa.polibatam.ac.id/ - Sosial Media @polibatamofficial (instagram) Politeknik Negeri Batam (Facebook)
Bantuan Terkait Beasiswa Lainnya
Informasi lainnya terkait beasiswa silahkan email ke: oktriyanti@polibatam.ac.id Whatsapp admin : 081276187762 Anda dapat menghubungi kami pada jam kerja senin-jumat/ 08:30-16:30
Mekanisme Pencairan Beasiswa
Pada prinsipnya, beasiswa dicairkan melalui transfer langsung ke rekening mahasiswa penerima beasiswa. Besaran dan jangka waktu beasiswa tergantung jenis dan sumber dana beasiswa. Biaya transfer yang dikenakan pihak Bank dipotong dari beasiswa yang ditransfer. Ketidaklengkapan data mengenai nomor rekening atas kelalaian penerima beasiswa yang mengakibatkan beasiswa gagal dicairkan, menjadi tanggung jawab penerima beasiswa.
Rekening Untuk Menerima Beasiswa
Rekening BNI 46 yang aktif dan atas nama pribadi
Syarat Pengajuan dan Seleksi Penerima Beasiswa
1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada semester berjalan dan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang berlaku. 2. memiliki IPK yang memenuhi syarat yang ditetapkan untuk setiap jenis beasiswa. 3. tidak sedang atau mengambil cuti akademik. 4. tidak terkena kasus atau sanksi akademik dan/atau administratif. 5. Aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, sebagai nilai tambah.
Alur Pendaftaran Beasiswa
1. Mahasiswa login menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya. 2. Mahasiswa mengisi data pribadi dengan lengkap dan sesuai. 3. Mahasiswa memilih jenis beasiswa yang ingin di daftar. 4. 5. 6. Mahasiswa mengunggah dokumen yang diperlukan untuk keperluan beasiswa. 7. Mahasiswa menunggu pengajuan dokumen beasiswa untuk disetujui oleh BAAK. 8. Pengumuman penerimaan akan segera diberitahukan melalui website: https://silam.polibatam.ac.id/

Kebijakan Bantuan Biaya Pendidikan 50%
ketentuan umum terkait kebijakan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Di peruntukkan kepada mahasiswa yang telah melewati batas lulus normal (D3= 6 semester, dan Sarjana Terapan= 8 Semester) 2. Terbatas untuk mahasiswa yang hanya memiliki tanggungan sks maksimal 6 sks 3. Pengajuan dilakukan di https://sim.polibatam.ac.id 4. Mendapatkan rekomendasi dari dosen wali melalui https://sim.polibatam.ac.id
Kebijakan Pembayaran Secara Mengangsur
Kententuan umum terkait kebijakan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Pengajuan membayar dengan mengangsur wajib dilakukan melalui perwalian 2. Mahasiswa mengajukan melalui https://sim.polibatam.ac.id 3. Mendapatkan rekomendasi wali dosen di https://sim.polibatam.ac.id
Kebijakan Keringanan Uang Kuliah Tunggal
Kententuan umum terkait kebijakan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Mahasiswa wajib melakukan perwalian ke dosen wali 2. Mahasiswa mendapatkan rekomendasi dosen wali 3. Mahasiswa mengajukan melalui https://sim.polibatam.ac.id 4. Mahasiswa melengkapi persyaratan sesuai yang ada di https://sim.polibatam.ac.id
Sanksi Keterlambatan Daftar Ulang
Keterlambatan daftar ulang sesuai jadwal tidak dapat difasilitasi. Sejak 2017, Politeknik Negeri Batam melaporkan data akademik ke KEMENDIKBUD melalui https:// pddikti.kemdikbud.go.id dua kali per semester, di awal semester untuk pelaporan pengambilan mata kuliah mahasiswa dan di akhir semester untuk pelaporan nilai hasil studi. Apabila pada saat pelaporan awal semester tidak terlapor karena mahasiswa terlambat melakukan daftar ulang, maka nilai hasil studi tidak dapat dilaporkan di akhir semester yang berakibat mahasiswa tersebut dianggap tidak aktif dan tidak terdaftar pada semester tersebut.

Cetak KHS
silahkan menghubungi TU prodi untuk minta bantuan cetak KHS
Cetak Transkrip Nilai Sementara
Silahkan minta bantuan kepada TU prodi untuk membantu download transkrip sementara di aplikasi SIA, kemudian silahkan gabungkan nilai yang di SIA dan di SIM anda, gabungkan mengikuti format yg di download di aplikasi SIA, lalu email ke akademik@polibatam.ac.id untuk di verifikasi dan diproses, silahkan menunggu email balasan untuk waktu pengambilan.
Pembuatan surat keterangan mahasiswa
untuk pembuatan Surat Keterangan Mahasiswa silahkan ajukan terlebih dahulu melalui website: https://sim.polibatam.ac.id/silam Untuk pengambilan print out nya bisa diambil di Pusat Informasi pada hari Senin s/d Jumat Pukul 08.30 - 16.30 WIB (Selama masa pandemi, pengambilan surat keterangan dapat dilakukan di security gedung utama setelah sebelumnya melakukan konfirmasi terkait pengajuan SKM ke email: akademik@polibatam.ac.id Whatsapp Admin: 081294493640 Silahkan menghubungi alamat diatas pada jam kerja, yaitu hari senin-jumat (08:30-16:30).
Cap/TTD Pudir di saat layanan Pusat Informasi tutup
Pada saat layanan Pusat Informasi tutup bagi mahasiswa yang memiliki keperluan berupa butuh cap/ttd pudir silahkan titipkan dokumen yang harus di cap di security lobby gedung utama dan di tuliskan detail keperluan cap seperti apa yang diinginkan, dokumen dapat diambil kembali esok hari (hari kerja). Untuk keperluan request nomor surat silahkan hubungi (wa admin : 081294493640)
Cetak bukti bayar uang kuliah
Silahkan ajukan dahulu permintaan surat keterangan bayar uang kuliah atau SKBK melalui paket.polibatam.ac.id ya. Untuk hasil print out nya bisa diambil langsung ke Pusat Informasi ataupun silahkan sertakan email jika berhalangan mengambil secara langsung.

Ijazah Sudah Selesai
Silahkan pastikan bahwa nama yang bersangkutan sudah ada di dalam list ijazah yang siap diambil (list dapat dilihat pada link berikut: https://bit.ly/3ihyeim). Jika belum ada pastikan kembali anda telah mengumpulkan foto dan mengisi Google Form.
Penerbitan Ijazah
untuk proses penerbitan ijazah, silahkan isi pengajuan melalui https://bit.ly/2Ess7Gj dan kumpulkan pas foto ukuran 3x4 dengan latar belakang warna biru sebanyak 6 lembar yg diserahkan ke security gedung utama (masukkan ke kotak foto ijazah yang tersedia) - lihat contoh foto yang benar pada link berikut https://students.polibatam.ac.id/data/contoh-foto-ijazah.jpg dan di print menggunakan kertas dove.
Pengambilan Ijazah
untuk pengambilan ijazah silahkan konfirmasi terlebih dahulu ke email veny@polibatam.ac.id (wa admin : 082172557099) dan akan di proses dalam 1x24 jam (hari kerja), kemudian anda bisa datang ke Pusat Informasi pada hari Senin s/d Jumat di loket 1 mulai pukul 08.30 - 16.30 (Pada saat layanan tutup (masa pandemi) pengambilan ijazah dapat di konfirmasi melalui security lobi gedung utama agar dapat menanyakan kepada staff PI). Bila belum mengumpulkan foto, harap dibawa pada saat akan mengambil ijazah dan diserahkan kepada petugas.
Minta Cap/TTD Pudir di saat layanan Pusat Informasi tutup
Pada saat layanan Pusat Informasi tutup bagi mahasiswa yang memiliki keperluan berupa butuh cap/ttd pudir silahkan titipkan dokumen yang harus di cap di security lobby gedung utama dan di tuliskan detail keperluan cap seperti apa yang diinginkan, dokumen dapat diambil kembali esok hari (hari kerja). Untuk keperluan request nomor surat silahkan hubungi (wa admin : 081294493640)

Pengisi Tracer Study
Alumni Politeknik Negeri Batam
Cara mengisi Tracer Study
Alumni Politeknik Negeri Batam dapat melakukan pengisian Tracer Study pada link: https://bit.ly/DataLulusanPolbat2020 (untuk lulusan tahun 2020), http://bit.ly/TracerPolbat2019 (untuk lulusan tahun 2019), https://bit.ly/TracerPolibatam (untuk lulusan 2016 - 2018).
Kapan Pengisian Tracer Study
Tracer Study diisi sebelum atau pada saat alumni dinyatakan lulus utk pendataan awal lulusan, selanjutnya alumni dapat mengisi kembali utk mengupdate data terkait kondisi dan situasi terbaru alumni.
Pengertian Tracer Study
Tracer Study merupakan studi penelusuran alumni untuk mengetahui kegiatan alumni setelah lulus, transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja, situasi kerja, kompetensi dan penggunaan kompetensi dalam pekerjaan dan perjalanan karir.
Tentang Tracer Study
Tracer Study merupakan studi penelusuran alumni untuk mengetahui kegiatan alumni setelah lulus, transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja, situasi kerja, kompetensi dan penggunaan kompetensi dalam pekerjaan dan perjalanan karir.
Manfaat mengisi Tracer Study
Informasi yang didapat dari tracer study sangat berguna untuk evaluasi terhadap berbagai hasil pendidikan tinggi, penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, relevansi dan pengembangan kurikulum perguruan tinggi, sumber informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) dan pengambilan keputusandan pembuatan kebijakan, serta kelengkapan persyaratan bagi akreditasi Dikti.

Apa saja Kegiatan Kemahasiswaan
Kegiatan Kemahasiswaan mencakup Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa), Lomba, Pertukaran Mahasiswa Nasional dan Internasional, Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), dan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)
Informasi kegiatan kemahasiswaan
Informasi terkait kegiatan Kemahasiswaan dapat diperoleh dari website Polibatam: https://tak.polibatam.ac.id website Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas): https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ Media Sosial Polibatam: @polibatamofficial (Instagram) Politeknik Negeri Batam (Facebook)
Mekanisme Peminjaman Ruangan Ormawa di Masa Pandemi
Konfirmasi terkait keperluan peminjaman ruangan kepada bagian Kemahasiswaan di Pusat Informasi
Pengajuan tanda tangan PUDIR 3
Konfirmasi kepada bagian Kemahasiswaan di Pusat Informasi
Tentang Regulasi
Menu regulasi dapat di lihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=regulasi
Tentang Konseling
Informasi seputar konseling dapat di lihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=konseling
Kuesioner kepuasan layanan
Mahasiswa dapat mengisi kuesioner kepuasan terhadap pelayanan dari website sim.polibatam.ac.id di link google form berikut: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSd1SNYOna7va8VWe9VZkK-MakOaXge9xRVVSvKp0QPJPupU-A/viewform

Pembayaran Uang Cuti
Pembayaran Uang Cuti dapat di bayarkan di awal ketika mengajukan cuti atau di akhir ketika akan mengaktifkan kembali status anda sebagai mahasiswa. Uang Cuti dibayarkan ke Rekening A.N BPN 137 Politeknik Negeri Batam dengan nomor rekening 992020120
Biaya Cuti Kuliah
Besaran biaya cuti yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut : a. untuk UKT 1 sampai UKT 4 adalah 20% dari tarif UKT 4 b. untuk UKT 5 dan seterusnya adalah 20% dari biaya UKT yang dibayar mahasiswa.
Alur pengajuan perubahan status ( cuti)
Untuk alur pengajuan perubahan status ( cuti) dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=perubahan_status
Alur pengajuan perubahan status (pindah kelas)
Untuk alur pengajuan perubahan status (pindah kelas) dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=perubahan_status
Alur pengajuan perubahan status (pengunduran diri)
Untuk alur pengajuan perubahan status (pengunduran diri) dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=perubahan_status

Cetak bukti bayar UKT
Silahkan ajukan dahulu permintaan surat keterangan bayar uang kuliah atau SKBK melalui: https://paket.polibatam.ac.id/ Untuk hasil print out nya bisa diambil langsung ke Pusat Informasi ataupun silahkan sertakan email jika berhalangan mengambil secara langsung.
Cara pembayaran cicilan UKT
Untuk pembayaran cicilan UKT dapat dilakukan dengan cara menggunakan (Virtual Account) VA yang didapat pada saat melakukan daftar ulang atau dengan cara Transfer Langsung ke Rekening Politeknik Negeri Batam. Bukti pembayaran dapat dikirimkan ke email jalur penerimaan masing-masing TIDAK PERLU diantarkan langsung ke kampus. (Lihat di web registrasi untuk mekanisme pembayaran lengkapnya).
Mekanisme pengajuan bantuan biaya UKT 50%
Syarat pengajuan Bantuan 50% apabila mahasiswa melewati masa studi dan maksimal 6 sks. Pengajuan hanya dapat dilakukan satu kali selama masa studi. Mekanisme pengajuan dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/main.php?page=status-50%
Alur pengajuan bantuan biaya UKT 50%
Untuk alur pengajuan bantuan biaya UKT 50% dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=keringanan_ukt
Alur pengajuan perubahan UKT
Untuk alur pengajuan perubahan UKT dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=keringanan_ukt
Alur pengajuan angsuran UKT
Untuk alur pengajuan angsuran UKT dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=keringanan_ukt