Jadwal Pendaftaran
Untuk jadwal pendaftaran mahasiswa baru, silahkan kunjungi website:
https://registrasi.polibatam.ac.id/
untuk mengetahui jadwal pembayaran dan tata cara pendaftaran.
Cara mendaftar
untuk pendaftaran mahasiswa baru silahkan kunjungi website:
https://registrasi.polibatam.ac.id/
untuk mengetahui tata cara pendafataran
Jalur Masuk
Ada dua jalur masuk yaitu jalur nasional dan jalur mandiri untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi website:
https://registrasi.polibatam.ac.id/
klik pada menu jalur penerimaan mahasiswa baru.
Cara melakukan pembayaran biaya pendaftaran
untuk jadwal pendaftaran mahasiswa baru silahkan kunjungi website:
https://registrasi.polibatam.ac.id/
untuk mengetahui jadwal pembayaran dan tata cara pendaftaran.
Rincian biaya perkuliahan
untuk rincian biaya perkuliahan bisa dilihat di website:
https://sim.polibatam.ac.id/
Silahkan login dengan akun anda kemudian klik "detail pembayaran" untuk melihat rincian biaya. Untuk Calon Mahasiswa yang baru ingin mendaftar dapat melihat info biaya kuliah masing-masing jurusan pada website:
https://registrasi.polibatam.ac.id/
lihat pada menu Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru.
Pendaftaran Lanjut Jenjang/RPL
untuk pendaftaran RPL silahkan kunjungi web https://registrasi.polibatam.ac.id/ untuk pendaftaran bisa dipilih di menu form pendaftaran
Persyaratan Lanjut Jenjang/RPL
untuk persyaratan silahkan buka website: https://registrasi.polibatam.ac.id/ pada menu jalur masuk penerimaan mahasiswa baru
Mekanisme daftar ulang online dan offline
Untuk daftar ulang bisa online. Mengingat di masa pandemi , untuk smentara yang dari luar batam dan dibatam daftar ulang online sama seperti tahun lalu , jika nanti ada perubahan akan diinfokan di website https://registrasi.polibatam.ac.id/
Perbedaan UMPB dengan SBMPN
UMPB merupakan Ujian mandiri masuk POLITEKNIK NEGERI BATAM jalur mandiri khusus untuk semua jenjang D3 dan D4 sedangkan SBMPN adalah jalur masuk nasional khusus untuk program study D3 saja untuk keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi web https://registrasi.polibatam.ac.id/ klik pada menu jalur penerimaan mahasiswa baru
Cek Data Pendaftar PMB
Untuk pengecekan data apakah sudah terdaftar silahakan kunjungi website: https://registrasi.polibatam.ac.id/ lalu klik menu data pendaftar.
Penyerahan berkas RPL
untuk persyaratan RPL silahkan kirimkan semua berkas melalui email:
[email protected]
Jika belum ada ijazah bagaimana mengisi nilai di portofolio
jika belum ada ijazah isi nilai portofolio dengan nilai rata-rata dari semester 1-5
Bagaimana cara mengisi nilai di portofolio
Isikan nilai sesuai mata pelajaran yang ada, jika ada muatan lokal dengan mata pelajaran yang sama (misalnya matematika) maka isi nilai mata pelajaran umumnya saja. Jika mengisi dengan nilai rapor maka isikan dengan rata-rata nilai semester 1-5, bila ada mata pelajaran yang tidak dipelajari isi dengan angka 0.
Apa yang harus di upload di portofolio jika ijazah belum ada
Untuk calon mahasiswa yang belum memiliki ijazah/skl, dapat meng-upload rapor semester 5 untuk di lampirkan pada portofolio.
Kalau salah isi data portofolio/google form apa yang harus saya lakukan
Silahkan lakukan pengisian ulang portofolio dengan menggunakan akun gmail lainnya dan lakukan pengisian data dengan benar.
Sudah mengirim berkas daftar ulang tapi belum juga dapat balasan dan diberi NIM (Nomor Induk Mahasiswa)
Untuk proses daftar ulang secara online mohon ditunggu sampai data kamu selesai di proses, atau kamu dapat melakukan daftar ulang secara offline dengan cara datang langsung ke Ruang Pusat Informasi Gedung Utama Politeknik Negeri Batam. Bila proses sudah melewati 1 minggu (hari kerja) dan kamu belum mendapatkan email balasan silahkan buat pengaduan di web https://helpdesk.polibatam.ac.id/akademik/
Pengajuan penurunan UKT (Uang Kuliah Tunggal)
untuk melakukan pengajuan penurunan UKT silahkan download formulir pengajuan di website https://registrasi.polibatam.ac.id/, kemudian formulir dan berkas-berkas pendukung lainnya dibawa langsung ke Politeknik Negeri Batam untuk di proses oleh panitia PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru). Biaya yang dapat diangsur/dicicil adalah UKT (Uang Kuliah Tunggal)-nya saja, untuk Uang Pengembangan Institusi harus dibayarkan lunas pada saat daftar ulang.
Kartu Ujian/Kartu Pendaftar tidak tercetak
Jika terdapat kendala pada saat mencetak kartu ujian/kartu pendaftaran silahkan datang langsung ke Ruang Pusat Informasi Gedung Utama Politeknik Negeri Batam atau kamu dapat request ke web https://helpdesk.polibatam.ac.id/akademik/
Sudah daftar ulang dan sudah dapat nim, apa lagi yang harus dilakukan
Jika kamu sudah selesai proses daftar ulang dan sudah mendapatkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) artinya kamu sudah terdaftar sebagai Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Selanjutnya tunggu informasi perkuliahan yang akan diumumkan melalui websitez; https://registrasi.polibatam.ac.id/.
Keringanan biaya perkuliahan dengan kartu KIP-Kuliah (KIPK)
Untuk calon mahasiswa yang memiliki kartu KIP-Kuliah dan ingin mengajukan keringanan biaya kuliah dapat melengkapi syarat-syarat sebagai berikut :
1. Formulir pendaftaran KIP-Kuliah
2. Fotocopy Kartu KIP, KKS (Kartu Keluarga Sejahtera), dan KKH (Kartu Keluarga Harapan)
3. atau surat keterangan tidak mampu dari dinas sosial yang menyatakan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
Jika masih membutuhkan informasi lebih lanjut terkait KIP-Kuliah silahkan datang langsung ke Politeknik Negeri Batam untuk mendapat penjelasan langsung mengenai KIP-Kuliah dari Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru
BPJS tidak ada/hilang
Jika kartu BPJS tidak ada atau hilang harap mengurus kartu BPJS yang baru, dan melampirkan resi pengurusan BPJS baru tersebut pada saat daftar ulang
Email Students Mahasiswa Baru
Silahkan lihat akun email students kamu di pengumuman pada web https://registrasi.polibatam.ac.id/. Pastikan kamu login menggunakan user dan password yang sudah diberikan pada lampiran data akun (bukan 123456 seperti contoh). Jika ada kendala lain terkait email students kamu dapat membuat pengajuan tiket pengaduan melalui link berikut https://helpdesk.polibatam.ac.id/akademik/
Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) adalah kartu tanda bukti bahwa anda adalah mahasiswa Politeknik Negeri Batam, dimana kartu tersebut nantinya akan digunakan untuk keperluan-keperluan akademis pada saat perkuliahan diantaranya untuk akses ke perpustakaan kampus dan kegunaan-kegunaan lainnya.
Bagaimana jika pengajuan keringanan UKT saya di tolak? apakah masih bisa daftar ulang?
Untuk mahasiswa yang pengajuan keringan UKT-nya di tolak, masih bisa melakukan daftar ulang dengan syarat telah melunasi tagihan biaya perkuliahan sesuai tarif UKT anda sebelum melakukan permohonan pengajuan keringanan. Untuk melakukan daftar ulang silahkan datang langsung ke Layanan Pusat Informasi Gedung Utama Politeknik Negeri Batam dan membawa semua berkas persyaratan daftar ulang serta bukti pembayaran UKT anda. (info lebih lanjut terkiat UKT silahkan email ke
[email protected] pada jam kerja (senin-jum??t/ 08:30-16:30)).
Cara pembayaran cicilan UKT
Untuk pembayaran cicilan UKT dapat dilakukan dengan cara menggunakan (Virtual Account) VA yang didapat pada saat melakukan daftar ulang atau dengan cara Transfer Langsung ke Rekening Politeknik Negeri Batam. Bukti pembayaran dapat dikirimkan ke email jalur penerimaan masing-masing TIDAK PERLU diantarkan langsung ke kampus. (Lihat di web registrasi untuk mekanisme pembayaran lengkapnya).
Pengumpulan berkas daftar ulang
Untuk pengumpulan berkas dapat diantarkan langsung ke pusat informasi/dititipkan ke security gedung utama (bila pusat layanan tutup) dan juga dapat dikirimkan melalui email jalur penerimaan masing-masing.
Tidak dapat login web https://sim.polibatam.ac.id/daftar_ulang/ atau data tidak muncul setelah login
Pastikan kamu login dengan menggunakan tanggal lahir yang sama dengan yang kamu isikan pada saat daftar di web registrasi.polibatam.ac.id. Apabila masih terdapat kendala kamu dapat membuat pengajuan tiket pengaduan melalui link berikut https://helpdesk.polibatam.ac.id/akademik/
Nomor Virtual Account di web registrasi.polibatam.ac.id tidak tampil/kosong
Apabila nomor Virtual Account untuk pembayaran uang pendaftaran anda tidak muncul di web registrasi.polibatam.ac.id silahkan membuat pengajuan tiket pengaduan melalui link berikut https://helpdesk.polibatam.ac.id/akademik/