S I L A M
Sistem Informasi & Layanan Mahasiswa
Politeknik Negeri Batam
Tentang Pelayanan

Frequently Asked Questions (FAQ)

Jadwal Pembukaan Beasiswa PPA
Dapat dilihat di Sistem Informasi Mahasiswa
Instagram: @polibatamofficial
Facebook: Politeknik Negeri Batam
Pengumuman penerimaan beasiswa
Dapat dilihat di website:
Learning mahasiswa
SILAM


Sosial Media
Instagram: @polibatamofficial
Facebook : Politeknik Negeri Batam
Bantuan Terkait Beasiswa Lainnya
Informasi lainnya terkait beasiswa silahkan email ke:
[email protected]

Whatsapp admin : 081276187762

Anda dapat menghubungi kami pada jam kerja senin-jumat / 08:30-16:30
Mekanisme Pencairan Beasiswa
Pada prinsipnya, beasiswa dicairkan melalui transfer langsung ke rekening mahasiswa penerima beasiswa. Besaran dan jangka waktu beasiswa tergantung jenis dan sumber dana beasiswa. Biaya transfer yang dikenakan pihak Bank dipotong dari beasiswa yang ditransfer.
Ketidaklengkapan data mengenai nomor rekening atas kelalaian penerima beasiswa yang mengakibatkan beasiswa gagal dicairkan, menjadi tanggung jawab penerima beasiswa.
Rekening Untuk Menerima Beasiswa
Rekening BNI 46 yang aktif dan atas nama pribadi
Syarat Pengajuan dan Seleksi Penerima Beasiswa
1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada semester berjalan dan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang berlaku. 2. memiliki IPK yang memenuhi syarat yang ditetapkan untuk setiap jenis beasiswa. 3. tidak sedang atau mengambil cuti akademik. 4. tidak terkena kasus atau sanksi akademik dan/atau administratif. 5. Aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, sebagai nilai tambah.
Alur Pendaftaran Beasiswa
1. Mahasiswa login menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya.
2. Mahasiswa mengisi data pribadi dengan lengkap dan sesuai.
3. Mahasiswa memilih jenis beasiswa yang ingin di daftar.
6. Mahasiswa mengunggah dokumen yang diperlukan untuk keperluan beasiswa.
7. Mahasiswa menunggu pengajuan dokumen beasiswa untuk direkomendasikan oleh dosen wali.
8. Mahasiswa menunggu pengajuan dokumen beasiswa untuk direkomendasikan oleh Akademik.
8. Pengumuman penerimaan akan segera diberitahukan melalui website: sim.polibatam.ac.id

Kebijakan Bantuan Biaya Pendidikan 50%
ketentuan umum terkait kebijakan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Di peruntukkan kepada mahasiswa yang telah melewati batas lulus normal (D3= 6 semester, dan Sarjana Terapan= 8 Semester) 2. Terbatas untuk mahasiswa yang hanya memiliki tanggungan sks maksimal 6 sks 3. Pengajuan dilakukan di https://sim.polibatam.ac.id 4. Mendapatkan rekomendasi dari dosen wali melalui https://sim.polibatam.ac.id
Kebijakan Pembayaran Secara Mengangsur
Kententuan umum terkait kebijakan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Pengajuan membayar dengan mengangsur wajib dilakukan melalui perwalian 2. Mahasiswa mengajukan melalui https://sim.polibatam.ac.id 3. Mendapatkan rekomendasi wali dosen di https://sim.polibatam.ac.id
Kebijakan Keringanan Uang Kuliah Tunggal
Kententuan umum terkait kebijakan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Mahasiswa wajib melakukan perwalian ke dosen wali 2. Mahasiswa mendapatkan rekomendasi dosen wali 3. Mahasiswa mengajukan melalui https://sim.polibatam.ac.id 4. Mahasiswa melengkapi persyaratan sesuai yang ada di https://sim.polibatam.ac.id
Sanksi Keterlambatan Daftar Ulang
Keterlambatan daftar ulang sesuai jadwal tidak dapat difasilitasi. Sejak 2017, Politeknik Negeri Batam melaporkan data akademik ke KEMENDIKBUD melalui https:// pddikti.kemdikbud.go.id dua kali per semester, di awal semester untuk pelaporan pengambilan mata kuliah mahasiswa dan di akhir semester untuk pelaporan nilai hasil studi. Apabila pada saat pelaporan awal semester tidak terlapor karena mahasiswa terlambat melakukan daftar ulang, maka nilai hasil studi tidak dapat dilaporkan di akhir semester yang berakibat mahasiswa tersebut dianggap tidak aktif dan tidak terdaftar pada semester tersebut.

Kebijakan Bantuan Biaya Pendidikan 50%
ketentuan umum terkait kebijakan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Di peruntukkan kepada mahasiswa yang telah melewati batas lulus normal (D3= 6 semester, dan Sarjana Terapan= 8 Semester) 2. Terbatas untuk mahasiswa yang hanya memiliki tanggungan sks maksimal 6 sks 3. Pengajuan dilakukan di https://sim.polibatam.ac.id 4. Mendapatkan rekomendasi dari dosen wali melalui https://sim.polibatam.ac.id
Kebijakan Pembayaran Secara Mengangsur
Kententuan umum terkait kebijakan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Pengajuan membayar dengan mengangsur wajib dilakukan melalui perwalian 2. Mahasiswa mengajukan melalui https://sim.polibatam.ac.id 3. Mendapatkan rekomendasi wali dosen di https://sim.polibatam.ac.id
Kebijakan Keringanan Uang Kuliah Tunggal
Kententuan umum terkait kebijakan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Mahasiswa wajib melakukan perwalian ke dosen wali 2. Mahasiswa mendapatkan rekomendasi dosen wali 3. Mahasiswa mengajukan melalui https://sim.polibatam.ac.id 4. Mahasiswa melengkapi persyaratan sesuai yang ada di https://sim.polibatam.ac.id
Sanksi Keterlambatan Daftar Ulang
Keterlambatan daftar ulang sesuai jadwal tidak dapat difasilitasi. Sejak 2017, Politeknik Negeri Batam melaporkan data akademik ke KEMENDIKBUD melalui https:// pddikti.kemdikbud.go.id dua kali per semester, di awal semester untuk pelaporan pengambilan mata kuliah mahasiswa dan di akhir semester untuk pelaporan nilai hasil studi. Apabila pada saat pelaporan awal semester tidak terlapor karena mahasiswa terlambat melakukan daftar ulang, maka nilai hasil studi tidak dapat dilaporkan di akhir semester yang berakibat mahasiswa tersebut dianggap tidak aktif dan tidak terdaftar pada semester tersebut.

Cetak KHS
Pencetakan KHS bisa dilakukan di sim.polibatam.ac.id pada menu akademik
Cetak Transkrip Nilai Sementara
Pencetakan Transkrip Sementara bisa dilakukan di sim.polibatam.ac.id pada menu akademik - Laporan Kemajuan Akademik
Pembuatan surat keterangan mahasiswa
untuk pembuatan Surat Keterangan Mahasiswa silahkan ajukan terlebih dahulu melalui website: https://sim.polibatam.ac.id/main.php?page=formSK . Mahasiswa dapat mencetak sendiri SKM, tanpa perlu meminta nomor surat ke Pusat Informasi
Cap/TTD Pudir di saat layanan Pusat Informasi tutup
Pada saat layanan Pusat Informasi tutup bagi mahasiswa yang memiliki keperluan berupa butuh cap/ttd pudir silahkan titipkan dokumen yang harus di cap di security lobby gedung utama dan di tuliskan detail keperluan cap seperti apa yang diinginkan, dokumen dapat diambil kembali esok hari (hari kerja).
Cetak bukti bayar uang kuliah
Silahkan ajukan dahulu permintaan surat keterangan bayar uang kuliah atau SKBK melalui sim.polibatam.ac.id ya. Untuk hasil print out nya bisa diambil langsung ke Pusat Informasi ataupun silahkan sertakan email jika berhalangan mengambil secara langsung.

Ijazah Sudah Selesai
Silahkan pastikan bahwa nama dan nim yang bersangkutan sudah ada di dalam list ijazah yang siap diambil melalui LINK IJAZAH YANG SUDAH READY . Proses penerbitan ijazah minimal 2 minggu (14 hari) setelah tanggal yudisium.

Kami memberikan layanan via zoom untuk pertanyaan terkait ijazah pada hari senin dan kamis pukul 10.00 - 12.00 WIB. Berikut Link nya : https://zoom.us/j/92235694786?pwd=bnVTTkd4aHlzcWxBWXQ2YVpwRUhqQT09 ( Meeting ID: 922 3569 4786 - Passcode: Polibatam! )

Penerbitan Ijazah
Proses penerbitan ijazah minimal 2 minggu (14 hari) setelah tanggal yudisium. Ketentuan foto ijazah dapat dilihat pada CONTOH FOTO IJAZAH KLIK DI SINI .

Kami memberikan layanan via zoom untuk pertanyaan terkait ijazah pada hari senin dan kamis pukul 10.00 - 12.00 WIB. Berikut Link nya : https://zoom.us/j/92235694786?pwd=bnVTTkd4aHlzcWxBWXQ2YVpwRUhqQT09 ( Meeting ID: 922 3569 4786 - Passcode: Polibatam! )

Pengambilan Ijazah
Untuk pengambilan ijazah silahkan Dilihat pada sheet online berikut : https://bit.ly/3ihyeim . Apabila status sudah Ready, anda bisa datang ke Pusat Informasi pada hari Senin s/d Jumat di loket 1 mulai pukul 08.00 - 16.00 . Bila belum mengumpulkan foto, harap dibawa pada saat akan mengambil ijazah dan diserahkan kepada petugas. Kami memberikan layanan via zoom untuk pertanyaan terkait ijazah pada hari senin dan kamis pukul 10.00 - 12.00 WIB. Berikut Link nya : https://zoom.us/j/92235694786?pwd=bnVTTkd4aHlzcWxBWXQ2YVpwRUhqQT09 ( Meeting ID: 922 3569 4786 - Passcode: Polibatam! )
Minta Cap/TTD Pudir di saat layanan Pusat Informasi tutup
Pada saat layanan Pusat Informasi tutup bagi mahasiswa yang memiliki keperluan berupa butuh cap/ttd pudir silahkan titipkan dokumen yang harus di cap di security lobby gedung utama dan di tuliskan detail keperluan cap seperti apa yang diinginkan, dokumen dapat diambil kembali esok hari (hari kerja). Kami memberikan layanan via zoom untuk pertanyaan terkait ijazah pada hari senin dan kamis pukul 10.00 - 12.00 WIB. Berikut Link nya : https://zoom.us/j/92235694786?pwd=bnVTTkd4aHlzcWxBWXQ2YVpwRUhqQT09 ( Meeting ID: 922 3569 4786 - Passcode: Polibatam! )
Meminta Legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai
Silahkan ke loket pelayanan pusat informasi pada hari dan jam kerja dengan membawa fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang akan dilegalisir.

Pengisi Tracer Study
Alumni Politeknik Negeri Batam
Cara mengisi Tracer Study
Alumni Politeknik Negeri Batam dapat melakukan pengisian Tracer Study pada link: https://bit.ly/DataLulusanPolbat2020 (untuk lulusan tahun 2020), http://bit.ly/TracerPolbat2019 (untuk lulusan tahun 2019), https://bit.ly/TracerPolibatam (untuk lulusan 2016 - 2018).
Kapan Pengisian Tracer Study
Tracer Study diisi sebelum atau pada saat alumni dinyatakan lulus utk pendataan awal lulusan, selanjutnya alumni dapat mengisi kembali utk mengupdate data terkait kondisi dan situasi terbaru alumni.
Pengertian Tracer Study
Tracer Study merupakan studi penelusuran alumni untuk mengetahui kegiatan alumni setelah lulus, transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja, situasi kerja, kompetensi dan penggunaan kompetensi dalam pekerjaan dan perjalanan karir.
Tentang Tracer Study
Tracer Study merupakan studi penelusuran alumni untuk mengetahui kegiatan alumni setelah lulus, transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja, situasi kerja, kompetensi dan penggunaan kompetensi dalam pekerjaan dan perjalanan karir.
Manfaat mengisi Tracer Study
Informasi yang didapat dari tracer study sangat berguna untuk evaluasi terhadap berbagai hasil pendidikan tinggi, penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, relevansi dan pengembangan kurikulum perguruan tinggi, sumber informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) dan pengambilan keputusandan pembuatan kebijakan, serta kelengkapan persyaratan bagi akreditasi Dikti.

Apa saja Kegiatan Kemahasiswaan
Kegiatan Kemahasiswaan mencakup Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa), Lomba, Pertukaran Mahasiswa Nasional dan Internasional, Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), dan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)
Informasi kegiatan kemahasiswaan
Informasi terkait kegiatan Kemahasiswaan dapat diperoleh dari website Polibatam: https://tak.polibatam.ac.id website Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas): https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ Media Sosial Polibatam: @polibatamofficial (Instagram) Politeknik Negeri Batam (Facebook)
Pengajuan tanda tangan PUDIR 3
Konfirmasi kepada bagian Kemahasiswaan di Pusat Informasi
Tentang Regulasi
Menu regulasi dapat di lihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=regulasi
Tentang Konseling
Informasi seputar konseling dapat di lihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=konseling
Kuesioner kepuasan layanan
Mahasiswa dapat mengisi kuesioner kepuasan layanan bagian kemahasiswaan melalui
https://polibatam.id/SurveiKepuasanBagianKemahasiswaan

Pembayaran Uang Cuti
Pembayaran Uang Cuti dapat di bayarkan di awal ketika mengajukan cuti atau di akhir ketika akan mengaktifkan kembali status anda sebagai mahasiswa. Uang Cuti dibayarkan ke Rekening A.N BPN 137 Politeknik Negeri Batam dengan nomor rekening 992020120
Biaya Cuti Kuliah
Besaran biaya cuti yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut : a. untuk UKT 1 sampai UKT 4 adalah 20% dari tarif UKT 4 b. untuk UKT 5 dan seterusnya adalah 20% dari biaya UKT yang dibayar mahasiswa.
Alur pengajuan perubahan status ( cuti)
Untuk alur pengajuan perubahan status ( cuti) dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=perubahan_status
Alur pengajuan perubahan status (pindah kelas)
Untuk alur pengajuan perubahan status (pindah kelas) dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=perubahan_status
Alur pengajuan perubahan status (pengunduran diri)
Untuk alur pengajuan perubahan status (pengunduran diri) dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=perubahan_status

Cetak bukti bayar UKT
Silahkan ajukan dahulu permintaan surat keterangan bayar uang kuliah atau SKBK melalui: https://sim.polibatam.ac.id/ Untuk hasil print out nya bisa diambil langsung ke Pusat Informasi ataupun silahkan sertakan email jika berhalangan mengambil secara langsung.
Cara Pembayaran Angsuran UKT
Untuk pembayaran cicilan UKT dapat dilakukan dengan cara menggunakan VA (Virtual Account) yang didapat pada saat generate VA pada fitur angsuran UKT atau dengan cara transfer ke Rekening Politeknik Negeri Batam (No Rek. 992020120 A.N BPN 137 Politeknik Negeri Batam). Bukti pembayaran dapat diunggah kedalam form pembayaran difitur angsuran UKT. (Lihat di website sim.polibatam.ac.id untuk mekanisme pembayaran lengkapnya).
Mekanisme pengajuan bantuan biaya UKT 50%
Syarat pengajuan Bantuan 50% apabila mahasiswa melewati masa studi dan maksimal 6 sks. Pengajuan hanya dapat dilakukan satu kali selama masa studi. Mekanisme pengajuan dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/main.php?page=status-50%
Alur pengajuan bantuan biaya UKT 50%
Untuk alur pengajuan bantuan biaya UKT 50% dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=keringanan_ukt
Alur pengajuan perubahan UKT
Untuk alur pengajuan perubahan UKT dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=keringanan_ukt
Alur pengajuan angsuran UKT
Untuk alur pengajuan angsuran UKT dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=keringanan_ukt

Bagaimana Pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

Pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Politeknik Negeri Batam sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang tercantum pada Pengumuman Pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa Nomor 3188/PL29/XI/2023 (silahkan klik).
Berikut link pengajuan pembuatan KTM sesuai pilihan :
1. PIlihan KTM berbentuk ATM BANK BTN Syariah Klik Di Sini

2. Pilihan KTM berbentuk Kartu Uang Elektronik BANK BTN Syariah Klik Di Sini

3. Pilihan KTM berbentuk ATM BANK BNI Klik Di Sini
Chek Progress Pembuatan KTM BNI sebelum tanggal 28 November 2023 silahkan Klik Di Sini

Informasi lebih lanjut pembuatan KTM silahkan menghubungi :


1. Info KTM BNI silahkan Menghubungi Ibu Fauziah

2. Info KTM BTN Syariah silahkan Menghubungi Bapak Fredwin

Bagaimana proses mengajukan peminjaman ruangan untuk kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa)
Peminjaman ruangan untuk kegiatan Ormawa dilakukan dengan mengunduh dan mengisi borang peminjaman ruangan melalui Klik Disini Untuk Mendapatkan Borang .
Peminjaman ruangan dilakukan pada hari dan jam kerja (Senin-Jumat) setelah disetujui dosen pembina dan PIC masing-masing ruangan ,selanjutnya diserahkan ke Pokja BMN (Lantai 3 Gedung Utama) untuk mendapat persetujuan.

Tentang Konseling Mahasiswa
Informasi seputar konseling dapat di lihat di SILAM pada menu Informasi Lainnya.
Mekanisme Pendaftaran Konseling Mandiri
Mahasiswa dapat melakukan pengisian pendaftaran konseling melalui form yang sudah disediakan pada SILAM menu Informasi Lainnya. Mahasiswa dapat mengisi data diri dan deskripsi permasalahan secara rinci sebagai acuan awal konselor menelaah masalah yang sedang dihadapi mahasiswa. Konselor dan PIC konseling telah berkomitmen untuk sebisa mungkin menjaga kerahasiaan pengajuan konseling yang mahasiswa ajukan.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Konseling
Pelaksanaan konseling dijadwalkan setiap hari Jumat pukul 14.00 sampai selesai. Konseling dilaksanakan selama 90 menit atau bisa lebih cepat. Jika terdapan keadaan mendesak dimana mahasiswa harus segera melakukan konseling, mahasiswa dapat menuliskan catatan pada deskripsi permasalahannya, agar PIC dapat menjadwalkan sesi konseling secepat mungkin. Tempat pelaksanaan konseling berada di Lobby Gedung Asrama E, pintu sebelah kiri. Jangan lupa untuk lepas alas kaki sebelum masuk ya ;)

Jadwal Pendaftaran
Untuk jadwal pendaftaran mahasiswa baru, silahkan kunjungi website: https://registrasi.polibatam.ac.id/ untuk mengetahui jadwal pembayaran dan tata cara pendaftaran.
Cara mendaftar
untuk pendaftaran mahasiswa baru silahkan kunjungi website: https://registrasi.polibatam.ac.id/ untuk mengetahui tata cara pendafataran
Jalur Masuk
Ada dua jalur masuk yaitu jalur nasional dan jalur mandiri untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi website: https://registrasi.polibatam.ac.id/ klik pada menu jalur penerimaan mahasiswa baru.
Cara melakukan pembayaran biaya pendaftaran
untuk jadwal pendaftaran mahasiswa baru silahkan kunjungi website: https://registrasi.polibatam.ac.id/ untuk mengetahui jadwal pembayaran dan tata cara pendaftaran.
Rincian biaya perkuliahan
untuk rincian biaya perkuliahan bisa dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/ Silahkan login dengan akun anda kemudian klik "detail pembayaran" untuk melihat rincian biaya. Untuk Calon Mahasiswa yang baru ingin mendaftar dapat melihat info biaya kuliah masing-masing jurusan pada website: https://registrasi.polibatam.ac.id/ lihat pada menu Jalur Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru.
Pendaftaran Lanjut Jenjang/RPL
untuk pendaftaran RPL silahkan kunjungi web https://registrasi.polibatam.ac.id/ untuk pendaftaran bisa dipilih di menu form pendaftaran
Persyaratan Lanjut Jenjang/RPL
untuk persyaratan silahkan buka website: https://registrasi.polibatam.ac.id/ pada menu jalur masuk penerimaan mahasiswa baru
Mekanisme daftar ulang online dan offline
Untuk daftar ulang bisa online. Mengingat di masa pandemi , untuk smentara yang dari luar batam dan dibatam daftar ulang online sama seperti tahun lalu , jika nanti ada perubahan akan diinfokan di website https://registrasi.polibatam.ac.id/
Perbedaan UMPB dengan SBMPN
UMPB merupakan Ujian mandiri masuk POLITEKNIK NEGERI BATAM jalur mandiri khusus untuk semua jenjang D3 dan D4 sedangkan SBMPN adalah jalur masuk nasional khusus untuk program study D3 saja untuk keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi web https://registrasi.polibatam.ac.id/ klik pada menu jalur penerimaan mahasiswa baru
Cek Data Pendaftar PMB
Untuk pengecekan data apakah sudah terdaftar silahakan kunjungi website: https://registrasi.polibatam.ac.id/ lalu klik menu data pendaftar.
Penyerahan berkas RPL
untuk persyaratan RPL silahkan kirimkan semua berkas melalui email: [email protected]
Jika belum ada ijazah bagaimana mengisi nilai di portofolio
jika belum ada ijazah isi nilai portofolio dengan nilai rata-rata dari semester 1-5
Bagaimana cara mengisi nilai di portofolio
Isikan nilai sesuai mata pelajaran yang ada, jika ada muatan lokal dengan mata pelajaran yang sama (misalnya matematika) maka isi nilai mata pelajaran umumnya saja. Jika mengisi dengan nilai rapor maka isikan dengan rata-rata nilai semester 1-5, bila ada mata pelajaran yang tidak dipelajari isi dengan angka 0.
Apa yang harus di upload di portofolio jika ijazah belum ada
Untuk calon mahasiswa yang belum memiliki ijazah/skl, dapat meng-upload rapor semester 5 untuk di lampirkan pada portofolio.
Kalau salah isi data portofolio/google form apa yang harus saya lakukan
Silahkan lakukan pengisian ulang portofolio dengan menggunakan akun gmail lainnya dan lakukan pengisian data dengan benar.
Sudah mengirim berkas daftar ulang tapi belum juga dapat balasan dan diberi NIM (Nomor Induk Mahasiswa)
Untuk proses daftar ulang secara online mohon ditunggu sampai data kamu selesai di proses, atau kamu dapat melakukan daftar ulang secara offline dengan cara datang langsung ke Ruang Pusat Informasi Gedung Utama Politeknik Negeri Batam. Bila proses sudah melewati 1 minggu (hari kerja) dan kamu belum mendapatkan email balasan silahkan buat pengaduan di web https://helpdesk.polibatam.ac.id/akademik/
Pengajuan penurunan UKT (Uang Kuliah Tunggal)
untuk melakukan pengajuan penurunan UKT silahkan download formulir pengajuan di website https://registrasi.polibatam.ac.id/, kemudian formulir dan berkas-berkas pendukung lainnya dibawa langsung ke Politeknik Negeri Batam untuk di proses oleh panitia PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru). Biaya yang dapat diangsur/dicicil adalah UKT (Uang Kuliah Tunggal)-nya saja, untuk Uang Pengembangan Institusi harus dibayarkan lunas pada saat daftar ulang.
Kartu Ujian/Kartu Pendaftar tidak tercetak
Jika terdapat kendala pada saat mencetak kartu ujian/kartu pendaftaran silahkan datang langsung ke Ruang Pusat Informasi Gedung Utama Politeknik Negeri Batam atau kamu dapat request ke web https://helpdesk.polibatam.ac.id/akademik/
Sudah daftar ulang dan sudah dapat nim, apa lagi yang harus dilakukan
Jika kamu sudah selesai proses daftar ulang dan sudah mendapatkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) artinya kamu sudah terdaftar sebagai Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Selanjutnya tunggu informasi perkuliahan yang akan diumumkan melalui websitez; https://registrasi.polibatam.ac.id/.
Keringanan biaya perkuliahan dengan kartu KIP-Kuliah (KIPK)
Untuk calon mahasiswa yang memiliki kartu KIP-Kuliah dan ingin mengajukan keringanan biaya kuliah dapat melengkapi syarat-syarat sebagai berikut : 1. Formulir pendaftaran KIP-Kuliah 2. Fotocopy Kartu KIP, KKS (Kartu Keluarga Sejahtera), dan KKH (Kartu Keluarga Harapan) 3. atau surat keterangan tidak mampu dari dinas sosial yang menyatakan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Jika masih membutuhkan informasi lebih lanjut terkait KIP-Kuliah silahkan datang langsung ke Politeknik Negeri Batam untuk mendapat penjelasan langsung mengenai KIP-Kuliah dari Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru
BPJS tidak ada/hilang
Jika kartu BPJS tidak ada atau hilang harap mengurus kartu BPJS yang baru, dan melampirkan resi pengurusan BPJS baru tersebut pada saat daftar ulang
Email Students Mahasiswa Baru
Silahkan lihat akun email students kamu di pengumuman pada web https://registrasi.polibatam.ac.id/. Pastikan kamu login menggunakan user dan password yang sudah diberikan pada lampiran data akun (bukan 123456 seperti contoh). Jika ada kendala lain terkait email students kamu dapat membuat pengajuan tiket pengaduan melalui link berikut https://helpdesk.polibatam.ac.id/akademik/
Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) adalah kartu tanda bukti bahwa anda adalah mahasiswa Politeknik Negeri Batam, dimana kartu tersebut nantinya akan digunakan untuk keperluan-keperluan akademis pada saat perkuliahan diantaranya untuk akses ke perpustakaan kampus dan kegunaan-kegunaan lainnya.
Bagaimana jika pengajuan keringanan UKT saya di tolak? apakah masih bisa daftar ulang?
Untuk mahasiswa yang pengajuan keringan UKT-nya di tolak, masih bisa melakukan daftar ulang dengan syarat telah melunasi tagihan biaya perkuliahan sesuai tarif UKT anda sebelum melakukan permohonan pengajuan keringanan. Untuk melakukan daftar ulang silahkan datang langsung ke Layanan Pusat Informasi Gedung Utama Politeknik Negeri Batam dan membawa semua berkas persyaratan daftar ulang serta bukti pembayaran UKT anda. (info lebih lanjut terkiat UKT silahkan email ke [email protected] pada jam kerja (senin-jum??t/ 08:30-16:30)).
Cara pembayaran cicilan UKT
Untuk pembayaran cicilan UKT dapat dilakukan dengan cara menggunakan (Virtual Account) VA yang didapat pada saat melakukan daftar ulang atau dengan cara Transfer Langsung ke Rekening Politeknik Negeri Batam. Bukti pembayaran dapat dikirimkan ke email jalur penerimaan masing-masing TIDAK PERLU diantarkan langsung ke kampus. (Lihat di web registrasi untuk mekanisme pembayaran lengkapnya).
Pengumpulan berkas daftar ulang
Untuk pengumpulan berkas dapat diantarkan langsung ke pusat informasi/dititipkan ke security gedung utama (bila pusat layanan tutup) dan juga dapat dikirimkan melalui email jalur penerimaan masing-masing.
Tidak dapat login web https://sim.polibatam.ac.id/daftar_ulang/ atau data tidak muncul setelah login
Pastikan kamu login dengan menggunakan tanggal lahir yang sama dengan yang kamu isikan pada saat daftar di web registrasi.polibatam.ac.id. Apabila masih terdapat kendala kamu dapat membuat pengajuan tiket pengaduan melalui link berikut https://helpdesk.polibatam.ac.id/akademik/
Nomor Virtual Account di web registrasi.polibatam.ac.id tidak tampil/kosong
Apabila nomor Virtual Account untuk pembayaran uang pendaftaran anda tidak muncul di web registrasi.polibatam.ac.id silahkan membuat pengajuan tiket pengaduan melalui link berikut https://helpdesk.polibatam.ac.id/akademik/

S I L A M
Lihat F A Q